Rabu, 23 November 2011

Install OpenSuse (Text Mode)

Kemarin kita sudah membahas cara Installasi Mikrotik OS. Nah, sekarang kita akan membahas cara Installasi Open Suse. Open suse adalah salah satu distro linux. Dan sering pula digunakan sebagai server router atau pun server lainnya.

Saya akan sharing cara installnya lewat Text Mode, kenapa Text Mode..? Gak GUI aja. Karena OS ini sering digunakan untuk server, dan sebuah server harus meminimalisir pengeluaran memory.. Jadi kita minimalisir dengan menginstallnya secara Text Mode dan tidak menggunakan GUI untuk pengoperasiaannya.

Langsung saja..

  1. Masukkan DVD Open Suse ke dalam DVD-ROM dan dia akan otomatis booting ke DVD.
  2. Kemudian Setelah itu akan muncul menu seperti ini

  3. Lalu tekan F3 untuk memilih Video Mode, Pilih Text Mode

  4. Setelah itu pilih Installation

  5. Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses loading dan verifikasi data selesai

  6. Nah, jika sudah muncul seperti gambar di bawah, maka proses installasi akan dimulai

  7. Configurasi pertama adalah Language dan Keyboard. Biarkan default seperti itu saja kemudian Next (gunakan Tab untuk memilih)

  8. Kemudian tunggu beberapa saat hingga pilihan installasi muncul

    Pilih New Installation, dan Next

  9. Lalu saat memilih region, pilih Asia, Timezonenya Jakarta, dan Date and Timenya atur sesuai dengan waktu yang benar. (PENTING : Keterangan waktu seperti itu sangat penting apabila OS ini digunakan untuk server karena berhubungan dengan LOG)

  10. Kemudian, jika sudah Next. Dan kalian akan disuguhkan pilihan Interface..

    Pilih Other - Lalu Minimal Server Selection (Text Mode). Setelah itu Next

  11. Lalu, configurasi partisi hardisk.


    Atur Partisi. Dalam Linux ada 2 Partisi wajib. Yaitu Root ( / ) dan Swap. Swap di usahakan besarnya 2 kali memory. Dan selebihnya boleh menambahkan partisi lain seperti Swap

  12. Kemudian Next dan terakhir adalah configurasi Usernya isi sesuai pendirian anda.. :p

    Ketika ada peringatan. Yes saja, karena itu kalian hanya diingatkan kalau username atau password terlalu mudah. Hanya untuk memastikan saja gitu..

  13. Lalu yang terakhir tekan Install dan Proses Installasi akan berjalan dengan (Semoga) lancar. Hehe..

  14. Tunggu Proses Installasi hingga selesai. Sampai muncul kembali menu seperti awal tadi. Sekarang pilih Boot From Hardisk...

  15. Lalu tunggu beberapa saat lagi sampai muncul tulisan "Preparing the 1st system configuration..." Saat ada peringatan Error, di No saja. Karena itu mengharuskan Online untuk menginstall beberapa software. Tapi tidak wajib kok. Jadi No saja..

  16. Nah, ni dia proses menunggu yang paling terakhir. Tinggal menunggu sampai proses selesai dan semuanya selesai deh.. :D
    Dan gambar di bawah adalah tampilan saat kita belum login ke opensuse Textmode yang telah kita install tadi


Nah.. Selesai deh installasinya.. Hehe. Mudah bukan..? Mudah kok... tinggal modal sabar dan waktu saja kok.. :D Kalau ada yang gak dimengerti, tanyakan saja ya.. Selagi saya mampu dan sempat akan saya jawab.

Selamat Mencoba

By Unknown with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dimari ya...